pelatihan laporan keuangan , Training laporan keuangan

DESKRIPSI PENTINGNYA PELATIHAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

 

Pelatihan analisis laporan keuangan sangat penting untuk berbagai alasan, termasuk:

  1. Membantu memahami kinerja perusahaan: Pelatihan analisis laporan keuangan dapat membantu seseorang memahami bagaimana perusahaan menghasilkan uang, bagaimana perusahaan membiayai kegiatan operasionalnya, dan bagaimana perusahaan mengelola risiko keuangan. Dengan memahami laporan keuangan, seseorang dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kinerja perusahaan dan membuat keputusan investasi yang lebih cerdas.
  2. Membantu memperkirakan masa depan: Analisis laporan keuangan juga dapat membantu memperkirakan masa depan suatu perusahaan. Dengan memahami tren dan pola dalam laporan keuangan, seseorang dapat membuat perkiraan tentang kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba di masa depan, serta memprediksi risiko dan peluang yang mungkin terjadi.
  3. Menilai kredibilitas perusahaan: Laporan keuangan juga dapat membantu menilai kredibilitas suatu perusahaan. Dengan memahami bagaimana laporan keuangan disusun, seseorang dapat memahami sejauh mana perusahaan transparan dan jujur dalam melaporkan kinerjanya. Hal ini penting untuk membuat keputusan investasi yang tepat dan untuk memastikan bahwa seseorang tidak berinvestasi pada perusahaan yang tidak kredibel.
  4. Meningkatkan keterampilan profesional: Pelatihan analisis laporan keuangan dapat meningkatkan keterampilan profesional seseorang dan membantunya menjadi lebih efektif dalam pekerjaannya. Kemampuan untuk memahami dan menganalisis laporan keuangan adalah keterampilan yang sangat berharga dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk akuntansi, keuangan, investasi, dan manajemen.
  5. Mengurangi risiko keuangan: Analisis laporan keuangan dapat membantu mengurangi risiko keuangan. Dengan memahami laporan keuangan, seseorang dapat mengidentifikasi risiko keuangan yang mungkin terjadi dan mengambil tindakan untuk mengurangi risiko tersebut. Hal ini penting untuk melindungi kekayaan pribadi dan profesional seseorang serta untuk memastikan bahwa seseorang membuat keputusan investasi yang bijak.

 

MANFAAT IKUT PELATIHAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Ada beberapa manfaat yang dapat didapatkan dengan mengikuti pelatihan analisis laporan keuangan, di antaranya:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang laporan keuangan: Pelatihan analisis laporan keuangan membantu peserta untuk memahami lebih dalam tentang berbagai jenis laporan keuangan, termasuk laporan laba rugi, neraca, dan arus kas. Peserta juga akan belajar tentang cara membaca dan menginterpretasi laporan keuangan sehingga mereka dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas.
  2. Meningkatkan kemampuan analisis keuangan: Pelatihan analisis laporan keuangan membantu peserta untuk mengembangkan kemampuan analisis keuangan mereka. Ini termasuk kemampuan untuk mengidentifikasi tren dan pola dalam laporan keuangan, serta kemampuan untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan.
  3. Meningkatkan keterampilan profesional: Pelatihan analisis laporan keuangan juga dapat meningkatkan keterampilan profesional peserta. Kemampuan untuk melakukan analisis keuangan adalah keterampilan yang sangat berharga dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk akuntansi, keuangan, dan manajemen. Peserta juga akan belajar tentang cara mengkomunikasikan temuan analisis keuangan mereka secara efektif kepada rekan kerja dan klien.
  4. Mengurangi risiko keuangan: Pelatihan analisis laporan keuangan membantu peserta untuk mengidentifikasi risiko keuangan yang mungkin terjadi dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi risiko tersebut. Ini dapat membantu melindungi kekayaan pribadi dan profesional peserta serta membuat keputusan investasi yang lebih bijak.
  5. Meningkatkan kepercayaan diri: Dengan memahami laporan keuangan dan kemampuan untuk melakukan analisis keuangan yang efektif, peserta akan merasa lebih percaya diri dalam membuat keputusan investasi dan memahami kinerja keuangan suatu perusahaan. Hal ini dapat membantu peserta untuk meraih kesuksesan dalam karir dan investasi mereka.

 

LIST MATERI PELATIHAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Berikut adalah beberapa materi pelatihan analisis laporan keuangan yang umumnya dicakup:

  1. Pengenalan Laporan Keuangan: Menjelaskan jenis-jenis laporan keuangan dan tujuan dari setiap laporan.
  2. Analisis Laporan Laba Rugi: Menjelaskan komponen laporan laba rugi, termasuk pendapatan, biaya, dan laba bersih. Peserta pelatihan akan belajar bagaimana menganalisis tren pendapatan dan biaya, serta bagaimana memperkirakan laba bersih.
  3. Analisis Neraca: Menjelaskan komponen neraca, termasuk aset, liabilitas, dan ekuitas. Peserta pelatihan akan belajar bagaimana menganalisis tren dalam neraca dan bagaimana memperkirakan kesehatan keuangan perusahaan.
  4. Analisis Arus Kas: Menjelaskan komponen arus kas dan bagaimana arus kas dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Peserta pelatihan akan belajar bagaimana menganalisis arus kas dan bagaimana menilai kemampuan perusahaan untuk menghasilkan arus kas yang positif.
  5. Metode Perhitungan Rasio Keuangan: Menjelaskan rasio keuangan yang paling umum digunakan, seperti rasio profitabilitas, rasio likuiditas, dan rasio hutang. Peserta pelatihan akan belajar bagaimana menghitung dan menganalisis rasio keuangan serta bagaimana menginterpretasikan hasil analisis rasio.
  6. Teknik Menganalisis Laporan Keuangan: Menjelaskan teknik dan alat yang digunakan dalam analisis laporan keuangan, seperti analisis horizontal dan vertikal, analisis tren, dan analisis rasio.
  7. Analisis Laporan Keuangan untuk Pengambilan Keputusan Investasi: Menjelaskan bagaimana analisis laporan keuangan dapat membantu dalam pengambilan keputusan investasi, termasuk bagaimana memperkirakan nilai saham, menilai kesehatan keuangan perusahaan, dan mengidentifikasi risiko dan peluang investasi.
  8. Pelaporan Keuangan untuk Pengguna Internal dan Eksternal: Menjelaskan perbedaan antara laporan keuangan yang disiapkan untuk pengguna internal dan eksternal, serta bagaimana mengkomunikasikan temuan analisis keuangan kepada berbagai pengguna laporan keuangan.
  9. Studi Kasus Analisis Laporan Keuangan: Peserta pelatihan akan diberikan beberapa studi kasus untuk dianalisis sebagai bagian dari latihan praktik. Hal ini membantu peserta untuk mengembangkan keterampilan analisis keuangan mereka dan mengaplikasikan konsep dan teknik yang telah mereka pelajari.
  10. Praktik Analisis Laporan Keuangan: Peserta akan diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung dalam menganalisis laporan keuangan. Hal ini membantu peserta untuk mengembangkan keterampilan analisis keuangan mereka dan mendapatkan umpan balik dari instruktur pelatihan.

 

PESERTA PELATIHAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Peserta pelatihan analisis laporan keuangan dapat beragam, tergantung pada tujuan pelatihan dan konteks perusahaan atau organisasi. Berikut adalah beberapa contoh peserta yang mungkin cocok untuk pelatihan ini:

  1. Manajer keuangan atau akuntansi yang bertanggung jawab untuk memahami dan menganalisis laporan keuangan perusahaan.
  2. Staf keuangan atau akuntansi yang ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang laporan keuangan dan analisis keuangan.
  3. Staf di departemen non-keuangan yang ingin memahami laporan keuangan untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang kinerja perusahaan.
  4. Investor atau analis keuangan yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam analisis laporan keuangan untuk mengambil keputusan investasi yang lebih baik.
  5. Mahasiswa atau akademisi yang mempelajari bidang keuangan atau akuntansi dan ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang analisis laporan keuangan.

 

PEMATERI/ TRAINER

Pelatihan ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing.

FAQ tentang Surya Training

A : Berapa minimal running pelatihan ini ?
Q : Pelatihan ini akan running idealnya minimal dengan 3 peserta

A : Apakah bisa jika saya hanya ingin pelatihan sendiri aja / private course ?
Q : Bisa, kami akan membantu menyelenggarakan pelatihan 1 hari jika ada persetujuan dari klien

A : Dimana saja pelatihan biasanya di selenggarakan?
Q : Pelatihan kami selenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Lombok dan beberapa negara seperti Singapore dan Malaysia

A : Apakah bisa diselenggarakan selain di kota lain?
Q : Penyelenggaraan pelatihan bisa diadakan di kota lain dengan minimal kuota 5 orang setiap kelas

A : Apakah bisa juga diselenggarakan secara IHT/ In House Training di Perusahaan klien ?
Q : Bisa diselenggarakan secara IHT di Perusahaan klien

A : Apakah jadwal bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien ?
Q : Jadwal pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan klien. Namun konfirmasi minimal 2 minggu sebelum pelaksaan pelatihan.

Informasi lebih lanjut
Customer Service : +62 822-9767-5557 (Available WhatsApp)
email : cro.suryatraining@gmail.com

 

Jadwal Training Terbaru di Tahun 2023

Training Bulan Januari : 10-11 Januari 2023
Training Bulan Februari : 7-8 Februari 2023
Training Bulan Maret : 7-8 Maret 2023
Training Bulan April : 18-19 April 2023
Training Bulan Mei : 16-17 Mei 2023
Training Bulan Juni : 6-7 Juni 2023
Training Bulan Juli : 11-12 Juli 2023
Training Bulan Agustus : 22-23 Agustus 2023
Training Bulan September : 12-13 September 2023
Training Bulan Oktober : 10-11 Oktober 2023
Training Bulan November : 7-8 November 2023
Training Bulan Desember : 5-6 Desember 2023

Jadwal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta